Cara Mengatasi Bunyi Pada Engsel Jok Baris Ke tiga Suzuki Ertiga GX Tahun 2012

Jok baris ke tiga Suzuki Ertiga di desain supaya bisa dilipat 90 derajat agar bisa mengangkut barang, cara melipatnya dengan menarik tuas di samping sandaran kepala dan mendorong ke depan. Jok dilengkapi engsel supaya bisa dilipat, engsel tersebut terdapat di antara bagian tempat duduk dan sandaran tubuh penumpang, kemudian di bawah tempat duduk di bagian depan terdapat masing-masing 2 engsel di sisi kiri dan kanan di dekat baut pemegang jok dengan deck mobil. Engsel di bagian depan ini model paten tanpa menggunakan baut yang bisa disetel.

Semakin sering jok dilipat dan dibuka, lama kelamaan engsel akan kendor dan akhirnya bergetar dan menimbulkan bunyi. Kemungkinan penyebab lain adalah karena jok baris ke tiga sering diisi penumpang sehingga terbebani dan lama kelamaan menjadi aus.

Cara mengatasinya sederhana, ada 2 cara, dengan melepas jok atau tanpa melepas jok. Saya menggunakan cara melepas jok agar lebih mudah dan sekaligus membersihkan bagian kolong jok dan bagian bawah box. Siapkan obeng pipih untuk membuka klip, kunci T 10 utk membuka baut box, kunci kurung 19 untuk membuka baut jok, benang dan gunting. Langkah pertama lepas box belakang, terdapat 2 klip di dalam box dan 2 klip di bagian yang dekat dengan jok, dan 2 baut kunci 10. Setelah itu lepas penutup baut jok bagian depan yang terletak di dekat kaki penumpang, lepas jok menggunakan kunci 19, masing-masing 3 buah baut di sisi kiri dan kanan, di bagian depan terbilang mudah karena nampak dan ruangnya luas, namun di bagian belakang agak sulit dan harus bersabar karena ruang yang sempit. Lepaskan juga baut pemegang pengunci safety belt yang terdapat di bagian bawah tengah belakang yang memegang ke deck mobil. Setelah baut terlepas semua, dengan bantuan seseorang, lipat jok ke depan dan angkat jok ke luar melalui pintu belakang.

Kemudian ambil benang dan lilitkan ke dalam engsel di bagian yang bergesekan sampai engsel tidak kendor lagi.

Cara memasang jok, pasang dahulu baut jok bagian depan untuk menjaga posisi jok agar tidak goyang.

Demikian sharing saya semoga bermanfaat.


Comments

Popular posts from this blog

Pegas Bagasi Pintu Belakang Ertiga / Balancer, Back Door Ertiga