Pegas Bagasi Pintu Belakang Ertiga / Balancer, Back Door Ertiga

Penggantian part kali ini adalah pegas bagasi pintu belakang atau bahasa partnya balancer, back door dengan part number 81860M60M00-000.

Usia kendaraan diatas 5 tahun sudah sewajarnya mulai mengganti part slow moving, termasuk pegas bagasi pintu belakang, part ini bertugas menjaga pintu bagasi supaya tetap tertahan ketika dibuka, di dalamya berisi gas yang menahan pegas dan berikutnya menahan pintu. Ketika ditutup pun, pegas ini berfungsi menahan pintu supaya tertahan pada pengunci dan tidak bergerak atau bergetar, terutama jika melalui jalan tidak rata.

Ciri-ciri part ini saatnya diganti adalah, ketika pintu bagasi dibuka tidak tertahan sehingga akan menutup kembali, ciri-ciri yang lain adalah bunyi gemuruh di pintu belakang ketika melalui jalan tidak rata. Jika kedua ciri-ciri tersebut terjadi pada mobil anda maka sudah saatnya mengganti part tersebut.

Harga original part ini dahulu Rp 1.600.000,- sepasang, namun sekarang Rp 400 ribu sepasang di toko offline di Jember. Penggantiannya pun mudah dan dapat dilakukan sendiri, hanya bermodalkan obeng minus seukuran plat lengkung pengunci pegas ke nipple pada pintu dan body. Penggantian dilakukan per sisi supaya tidak merepotkan. Caranya, lepaskan dahulu dudukan besi yang menempel ke body pada part yang baru dengan mengungkit plat penguncinya, kemudian kunci kembali seperti semula. Langkah selanjutnya ungkit lebih dahulu plat lengkung pengunci pada body hingga terlepas, kemudian tarik keluar pegas dari nipple, selanjutnya ungkit plat lengkung pengunci pegas ke nipple pada pintu dan tarik pegasnya. Segera pasang yang baru, lebih dahulu pada body, caranya hentakkan pegas ke nipple pada body tanpa melepaskan penguncinya, dengan demikian pegas akan otomatis terkunci pada nipple, selanjutnya lakukan hal yang sama pada pegas yang terhubung ke pintu. Lakukan pada sisi lainnya. Beres deh.....



Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengatasi Bunyi Pada Engsel Jok Baris Ke tiga Suzuki Ertiga GX Tahun 2012