Motor Electric Fan Ertiga

Kali ini saya akan menginfokan penggantian slow moving part Suzuki Ertiga GX M/T tahun 2012 berupa motor electric fan.

Pada cuaca yang panas tentu kita membutuhkan penyejuk udara yang membuat kita nyaman, terlebih ketika kendaraan diparkir di tempat yang panas, usia kendaraan yang lebih dari 5 tahun (tergantung kondisi pemakaian) juga berpengaruh pada usia pakai motor fan. Biasanya ketika cuaca panas, kita buru-buru menyalakan ac, yang penting sejuk hehehe, pada kendaraan, usahakan menyalakan ac saat kendaraan belum berjalan, hindari saat berjalan terutama saat akselerasi menyalakan ac, ini akan memperberat kerja Magnetic Clutch pada kompressor ac (agak menyimpang dikit tapi berkaitan).
Ketika kita menyalakan ac, electric fan berputar (nah ini kaitan ac dengan motor electric fan). Semakin sering kita menggunakan ac, maka sesering itu pula motor electric fan bekerja.
Ketika kita melakukan pemanasan mesin dan saat termostat bekerja saat suhu mulai meningkat, saat itu juga electric fan bekerja.

Penggantian dilakukan pada tgl 11 Desember 2018, pada km 96 ribuan. Gejalanya terdengar bunyi gemuruh saat arus listrik yang ke motor fan terputus hingga fan benar-benar berhenti.

Langkah penggantiannya dengan melepas tutup radiator, tabung reservoir, selang inlet radiator, socket kabel, melepas 2 kancing yang memegang bracket electric fan ke radiator, turunkan bracket, lepas mur yang memegang kipas ke motor fan, lepaskan 3 baut yang memegang motor fan ke bracket. Ganti deh dengan yang baru. Memasang kembali dengan urutan kebalikan, dan pastikan air radiator kembali penuh sesuai aturan, dengan cara memanaskan kendaraan hingga fan berputar dan isi kembali air radiator. Dengarkan apakah suara gemuruh tadi masih ada atau tidak, jika masih ada berarti tandanya akan turun hujan hehehe

Harga partnya (SGP) Rp 350 ribu di toko spare parts umum, dan Made In Indonesia.

Sekarang sudah tidak bergemuruh lagi hehehe

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengatasi Bunyi Pada Engsel Jok Baris Ke tiga Suzuki Ertiga GX Tahun 2012

Pegas Bagasi Pintu Belakang Ertiga / Balancer, Back Door Ertiga