Engine Mounting Ertiga

Untuk pertama kalinya mobil saya Suzuki Ertiga GX M/T tahun 2012 melakukan penggantian slow moving part berupa engine mounting kanan (berdasarkan posisi mengemudi).

Usia kendaraan, kondisi jalan, perilaku berkendara sangat mempengaruhi parts kendaraan, salah satunya yang saya tulis kali ini.

Penggantian dilakukan pada tgl 24 Februari 2018, pada km 88 ribuan, dengan gejala getaran mesin sudah berlebih dan terasa sampai ke kabin, tongkat persneling juga bergetar berlebih. Secara kasat mata dapat dilihat dari jarak antara bagian bawah besi warna perak yg terhubung ke mesin mendekati besi yang berwarna hitam, di situ ada bantalan karet, jika besi warna perak, karet, dan besi yang berwarna hitam sudah menempel, sebaiknya lakukan penggantian.

Langkah penggantiannya mudah, karena jelas baut dan mur yang memegang engine mounting. Alat yang diperlukan adalah kunci2 (sesuaikan ukuran dan kebutuhannya, karena gak hafal, saat nulis ini sudah lama selesainya, hehehe) dan dongkrak untuk menopang mesin.

Harga partnya (SGP) Rp 650 ribu di toko spare parts umum, info di pasaran ada 2 jenis, yaitu yang impor dan lokal, bedanya secara fisik dapat dilihat dari bentuk penampang karet yang besar, yang impor lebih besar dari yang lokal, dan selisih harganya setengah harga dari yang impor.

Sekian dulu corat coretnya hehehe

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengatasi Bunyi Pada Engsel Jok Baris Ke tiga Suzuki Ertiga GX Tahun 2012

Pegas Bagasi Pintu Belakang Ertiga / Balancer, Back Door Ertiga